Kegiatan Khotmil Qur’an ini menjadi kegiatan rutin tahunan Yayasan Pendidikan Islam (YPI) Al Madina Semarang, khususnya untuk siswa-siswi di SD dan SMP. Jumlah peserta SD ada 70 siswa dimulai dari kelas 3 – 6, SMP ada 77 siswa dimulai dari kelas 7 – 9. Banyak hal positif yang dapat diraih siswa dalam kegiatan ini. Kegiatan khotmil Qur’an untuk tahun ini 2018/2019 ada yang spesial yaitu “Peletakan Batu Pertama SD Islam Al Madina” untuk penambahan kelas di SD Islam Al Madina.

Pada kesempatan kali ini, kegiatan khotmil dihadiri oleh Ketua YPI Al Madina beserta jajarannya, Ketua LPI Al Madina, Kepala SMPI, SDI, TKI, Koordinator KBI Al Madina, Romo Kyai H. Ulil Albab Arwani, A.H. dari Kudus, Bapak Camat Gajahmungkur, Polsek Gajahmungkur, Koramil Gajahmungkur.

Acara Khotmil Qur’an diawali dengan kirab peserta SD dan SMP Islam Al Madina berjalan memutari lingkungan Yayasan Pendidikan Islam Al Madina diiringi musik drumband SD Islam Al Madina. Agenda dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh siswa SMP Islam Al Madina. Setelah itu acara berikutnya adalah menyanyikan lagu Indonesia Raya. Kemudian sambutan disampaikan oleh Ketua LPI Drs.KH.Affandi, M.M., dan Ketua YPI H. Ari Wibowo, S.H. M.H. Selanjutnya prosesi khataman Al-Qur’an yang dibaca oleh siswa-siswi SD dan SMP Islam Al Madina dan ditutup dengan tausyiah dari Romo Kyai H. Ulil Albab Arwani, A.H. dari Kudus. Pesan yang disampaikan “Untuk selalu merawat Al-Qur’an dengan cara selalu membaca Al-Qur’an dan mengamalkan isinya, diharuskan minimal 1 tahun bisa 2 kali khatam”.

Alhamdulillah, acara Khotmil Qur’an yang diselenggarakan oleh SD dan SMP Islam Al Madina yang telah terlaksana pada tanggal 23 Februari 2018 berjalan dengan baik dan lancar.